Translate

Sabtu, 04 Januari 2014

Vaginistis

Vaginistis - Vaginitis Atau keputihan adalah suatu peradangan pda vagina mempunyai bau yang khas. Tetapi bila ada inveksi atau perubahan flora bakteri yang secara normal ada dalam vagina. Salah satu gejalanya adalah keluarnya cairan dari vagina diikuti rasa gatal, iritasi bagian bawah, bau aroma yang tidak sedap bahkan kadang terjadi pendarahan dari vagina.
Jenis – jenis vaginitis
1. TRICHOMONIASIS, disebabkan oleh parasit Tricomoniasis Vaginalis yang menimbulkan cairan berbau, banyak, berwarna kuning kehijauan dan kadang sangat gatal kadang berbusa terasa perih. Bisa ditularkan karena hub seksual.
2. VAGINOSIS BAKTERI disebabkan oleh baktery Gardnerella Vaginalis, cairan yang keluar sedikit, berwarna abu-abu dan berbau tidak sedap.
3. CANDIDOSIS / INFEKSI JAMUR.penyebabnya adalah CANDIDA ALBICANS ( Salah satu jenis jamur yang normal ditemukan dalam organ kewanitaan ). Jamur ini sering berkembag biak hingga jumlahnya melampaui batas apabila terjadi perubahan kondisi organ intim wanita.

ciri- ciri gejalanya vaginistis

  • Terdapat cairan kental didalam vagina
  • Berwarna putih dan berbau tak sedap
  • Timbul rasa gatal
  • Nyeri dan panas saat buang air kecil atau berhubungan intim
  • CANDIDA adalah jamur pelahap Glukosa / gula. Apabila terjadi ketidakseimbangan hormon dalam tubuh dan memicu kenaikan gula darah maka Candida akan berkembang pesat dan kasus infeksi jamur terjadi.
Tips merawat vagina
* Gunakan celana dalam berbahan katun.
* Gunakan air bersih untuk membersihkan vagina.
* Hindari penggunaan Vaginal Douche / cairan pembersih karena bisa mengubah pH vagina.
* Bilas area vagina dari depan ke belakang ketika cebok agar terhindar kuntaminasi kuman dianus
* Mengganti pembalut sesering mungkin saat menstruasi.
* Hindari pemakaian celana ketat.
* Hindari pemakaian parfum atau sabun yang mengandung parfum ( termasuk deodoran ) agar tidak terjadi iritasi.
* Gunakan handuk sendiri.
* Biasakan cuci tangan sebelum menyentuh vagina.
* Pastikan menggunakan celana dalam bersih.
* Konsumsi vitamin C 500 mg 2x sehari untuk meningkatkan asiditas sekresi vagina.
Dalam keadaan normal miss V mempunyai bau yang khas. Tetapi, bila ada infeksi atau keputihan yang tidak normal dapat menimbulkan bau yang mengganggu, seperti bau yang tidak sedap, menyengat dan amis yang isebabkan jamur,bakteri atau kuman lainnya. Jika infeksi yang terjadi di miss V ini dibiyarkan, bisa masuk kedalam rahim. Keluhan yang sering terjadi adalah vaginitis atau yang sering dikenal dengan keputihan.

Demikian sekilas tentang vaginistis atau keputihan. Semoga anda terhindar darinya dan dapat dengan cepat mengatasi keputihan. Selamat mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar